Grand Final Seleksi Kejuaraan Dunia PSHT Zona Kalimantan Selatan

Grand Final Seleksi Kejuaraan Dunia PSHT Zona Kalimantan Selatan

Ilmusetiahati.com – Ketua Perwakilan Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kalimantan Selatan (Kalsel), Ribut Giyono membuka Grand Final Sirkuit se-Kalimantan Selatan 2021, zona 1 Cabang Tanah Laut, Jumat (17/9/2021) di Gor Bumi Jaya Pelaihari.

Baca Juga : Grand Final Seleksi Kejuaraan Dunia PSHT Zona Kalimantan Selatan

Acara ini mengangkat tema “Merapatkan Barisan, Menggali Potensi, Melestarikan Ajaran, Menguatkan Persaudaraan”.

Digelar selama tiga hari dari 17 hingga 19 September 2021. Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin yang Sekaligus Pembina Teratai Sport Center turut menghadiri pembukaan tersebut.

Ketua PSHT Kalsel, Ribut Giyono mengatakan event ini akan menghasilkan para juara yang nantinya akan mengikuti pemusatan latihan daerah untuk disiapkan di Porprov/Kejurda dan kemudian dilanjutkan untuk persiapan Kejuaraan Dunia PSHT memperebutkan Piala RM Imam Koessoepangat pada Oktober 2021 mendatang di TMII Jakarta.

“Grand final ini juga diikuti oleh peserta dari 13 kabupaten dan kota se-Kalsel, yang mana masing-masing mengirimkan pesilat terbaiknya,” ungkap Ketua PSHT Kalsel, Ribut Giyono. Sementara Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syaripuddin dalam sambutannya mengatakan PSHT sebagai perguruan silat yang berorientasi kepada pengajaran Budi luhur, mengutamakan persaudaraan antara anggota atau warganya dan menggunakan pencak silat sebagai tingkat pertama.

Baca Juga : 1000 Dosis Vaksin Sasar Pendekar PSHT Cabang Magetan

“Saya mengetahui bahwa PSHT sebagai perguruan yang bersifat terbuka dalam menerima anggota,” kata Muhammad Syaripuddin atau yang akrab disapa Bang Dhin ini. Menurutnya, setiap warga negara dapat menjadi anggota, tanpa melihat suku, ras, agama, warna kulit gender, golongan dan usia.

Hal ini lanjut Bang Dhin, bermakna bahwa PSHT telah sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yang tertuang dalam lambang negara ‘Bhineka Tunggal Ika’, yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua. “Saya mengajak kepada semua untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas yang menjadi bagian inti dari persaudaraan dan olahraga itu sendiri,” jelas Bang Dhin.

Bang Dhin juga memberikan apresiasi kepada PSHT Kalsel, kerena dengan digelarnya kegiatan ini, menjadi langkah yang positif dalam upaya memajukan olahraga di Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya pada cabang olahraga pencak silat. “Saya berharap agar seluruh warga PSHT di Kalimantan Selatan untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam upaya menjaga Persatuan dan Kesatuan, utamanya demi keamanan dan ketertiban masyarakat kita di Kalsel,” tutupnya.