Berita TerkiniTerpopuler

Rakernas PSHT 2023 Sukses Membangun Persaudaraan yang Produktif dan Bermartabat

Ilmusetiahati.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PSHT 2023 di Taman Wisata Selorejo, Kabupaten Malang, pada tanggal 6 September 2023, telah sukses menjadi panggung bagi 250 cabang Persaudaraan Setiap Hati Terate (PSHT) dari seluruh Indonesia. Dengan tema “Membangun Persaudaraan yang Semakin Produktif dan Bermartabat,” Rakernas ini mengambil peran penting dalam menggarap empat hal utama yang ingin dicapai, yang akan diimplementasikan di setiap cabang PSHT.

Baca Juga : Ratusan Pendekar Madiun Demo Tolak Pembongkaran Tugu Pencak Silat

Dalam Rakernas ini, perhatian utama adalah pada perbaikan pendidikan dan pelatihan silat. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan budi luhur manusia, terutama para anggota PSHT. Ketua Umum PSHT Pusat, Muhammad Taufiq, menyatakan bahwa PSHT memiliki peran dalam menjaga Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), yang menjadi penting dalam konteks saat ini.

Tantangan yang dihadapi adalah adanya kesenjangan antara cita-cita dan tindakan anggota PSHT. Oleh karena itu, perbaikan sistem pendidikan diperlukan agar anggota PSHT dapat mewujudkan visi dan misi PSHT dengan lebih baik. Dalam mukadimah, tugas organisasi sebagai penghubung antar anggota yang harus mempromosikan kerukunan, pemancaran cita-cita, pengajaran, dan perilaku budi luhur telah ditegaskan.

PSHT juga berkomitmen untuk meningkatkan sistem pendidikan silat. Sejak tahun 2018, materi pencak silat telah dibagi berdasarkan golongan usia, mulai dari usia dini hingga orang dewasa. Untuk mendukung ini, PSHT telah melaksanakan pelatihan bagi para pelatih berbagai tingkatan, mulai dari tingkatan utama hingga muda. Kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga telah terjalin, yang menyediakan materi ajar dan program politeknik pencak silat.

Dengan harapan bahwa perkembangan pencak silat dapat didasarkan pada riset dan ilmu pengetahuan, Rakernas juga menggarisbawahi pentingnya jaminan keselamatan dan jaminan kematian bagi para pelatih, pengurus, siswa, dan atlet. Untuk mewujudkannya, PSHT menjalin kemitraan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan, Rakernas juga bertujuan untuk membangun persaudaraan yang produktif. Ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dengan meningkatkan kesejahteraan anggota PSHT. Untuk mencapai tujuan ini, PSHT menjalin kerjasama dengan BRI Link dengan tujuan agar setiap cabang dan ranting PSHT dapat menjadi mitra BRI. Hal ini akan membantu anggota PSHT untuk lebih produktif dengan mengalihkan energi mereka ke kegiatan yang produktif.

Baca Juga : Tingkatan Sabuk di Persaudaraan Setia Hati Terate

Selama Rakernas, PSHT juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI/Polri yang telah turut serta dalam acara ini, memberikan kontribusi positif untuk menjaga situasi yang kondusif.

Melalui Rakernas PSHT 2023, PSHT telah menegaskan komitmennya untuk memperbaiki pendidikan silat, memajukan riset dan ilmu pengetahuan dalam seni bela diri ini, dan membangun persaudaraan yang produktif. Semua ini merupakan langkah positif menuju visi PSHT untuk “Memayu Hayuning Bawono,” yang berarti memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa dalam semangat persaudaraan yang kokoh.

rakernas psht
rakernas psht