Berita Terkini

Ganjar Pranowo Berziarah ke Makam Pendiri Persaudaraan Setia Hati 1903

Ilmusetiahati.com – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi makam Ki Ngabehi Surodiwiryo di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, pada Kamis (18/1/2024), sebagai bentuk pemenuhan janji. Ki Ngabehi, atau yang dikenal sebagai Eyang Suro, adalah sosok pendiri aliran pencak silat Setia Hati atau Persaudaraan Setia Hati 1903. Beliau meninggal pada 10 November 1944. Pendirian perguruan silat ini bertujuan memberikan rasa persaudaraan dan membangun kepribadian kuat di tengah penjajahan Belanda.

Ganjar Pranowo berharap Persaudaraan Setia Hati 1903, yang kini telah berkembang menjadi organisasi besar, dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Ia menyatakan penghargaannya terhadap Eyang Suro sebagai pendiri orisinil Persaudaraan Setia Hati 1903. Organisasi ini menjadi semakin diakui, dan Ganjar berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Aksi Peduli Palestina PSHT Cabang Sukoharjo, Salurkan Hingga Ratusan Juta

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini menjelaskan bahwa kunjungannya untuk berziarah ini merupakan hasil dari silaturahmi keluarganya dengan keluarga Eyang Suro di Semarang. Saat itu, keluarga Ganjar Pranowo berjanji untuk mengunjungi makam Eyang Suro jika berkunjung ke Madiun. “Dulu keluarganya pernah main ke rumah di Semarang, mereka juga menyampaikan nanti (kalau ke Madiun) mampir,” ungkap Ganjar.

Ganjar Pranowo menegaskan pentingnya warisan yang diwariskan oleh Eyang Suro dan Persaudaraan Setia Hati 1903. Ia berharap organisasi tersebut terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat. “Beliau pendiri asli Persaudaraan Setia Hati 1903, sekarang menjadi tambah besar, organisasinya diperhitungkan, dan mudah-mudahan menjadi manfaat untuk banyak masyarakat,” ujar Ganjar dengan penuh keyakinan.

Dalam konteks politik, kunjungan Ganjar Pranowo ke makam Eyang Suro juga menjadi bagian dari strategi politiknya menjelang Pemilihan Presiden 2024. Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden nomor urut 3, terus berupaya membangun hubungan yang kuat dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk melalui penghormatan kepada tokoh-tokoh bersejarah seperti Eyang Suro.

Baca Juga : Tingkatan di SH Panti Persaudaraan Setia Hati 1903

Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan menghormati warisan sejarah, Ganjar Pranowo berharap dapat memenangkan hati pemilih dan mewujudkan visi untuk membangun bangsa yang lebih kuat dan bersatu. Ganjar Pranowo tetap konsisten dalam memenuhi janji dan memberikan contoh kepemimpinan yang berdasarkan nilai-nilai luhur.