20 Rekomendasi Makanan Berkalori Tinggi Penambah Berat Badan

20 Rekomendasi Makanan Berkalori Tinggi Penambah Berat Badan

Ilmusetiahati.com

Ada sekitar 20 makanan berkalori tinggi penambah berat badan yang baik menjadi pilihan bagi masyarakat yang akan  memprogres fisik secara sehat.

Setiap orang pasti menginginkan berat badan yang ideal. Untuk mendapatkannya ada yang berusaha menambah berat dan menurunkan berat badan.

Banyak sekali makanan yang dapat menambah berat badan tetapi tidak semua tergolong baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka kalian harus memilih yang tinggi kalori dan nutrisi.

Lalu apa sajakah makanan penambah berat badan yang baik? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber :

Daftar Makanan Penambah Berat Badan yang Baik

  1. Roti Putih

Roti merupakan makanan yang dapat menyumbang natrium cukup banyak. Semua natrium itu akan membuat kalian menambah berat badan dan akan menyebabkan kembung permanen.

 

  1. Karbohidrat Bertepung

Karbohidrat bertepung (starchy carbs) seperti kentang sangat bermanfaat karena tubuh menggunakan karbohidrat untuk sumber energi dan kentang juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

 

Selain itu, makanan dapat menambah asupan kalori untuk menaikkan berat badan, sumber karbohidrat bertepung juga dapat meningkatkan penyimpanan glikogen otot.

 

  1. Suplemen Protein

Mengonsumsi suplemen protein merupakan cara umum para binaragawan atau atlet yang ingin menaikkan berat badan.

 

Baca Juga : PSHT Rayakan 1 Abad Berdiri di Lapangan Shiwa Candi Prambanan

 

Suplemen protein whey dan penambah massa otot bisa menjadi strategi yang mudah dan hemat biaya untuk menambah berat badan.

 

  1. Smoothie Kaya Protein

Minum smoothie kaya protein bisa menjadi cara yang sangat bergizi dan cepat untuk menambah berat badan. Membuat smoothie sendiri menjadi cara terbaik karena kebanyakan yang dijual mengandung penuh gula dan miskin nutrisi.

 

  1. Sereal Gandum Utuh

Pilih sereal yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan. Ini mengandung kadar karbohidrat dan kalori yang sehat, serta nutrisi seperti serat dan antioksidan. Sehingga selain berat badan naik juga tetap menyehatkan tubuh.

 

  1. Keju

Keju merupakan makanan yang tinggi kalori dan lemak sehingga dapat dijadikan sumber makanan penambah berat badan. Pada porsi 28 gram keju cheddar atau seukuran dadu mengandung sekitar 110 kalori dan 7 gram protein.

 

  1. Telur

Telur menjadi salah satu sumber makanan paling sehat di dunia karena kandungan protein yang tinggi dan lemak sehat. Sebutir telur mentah mengandung sekitar 74 kalori.

 

  1. Yogurt full-fat

Setiap porsi yogurt terkandung sekitar 165 kalori dan 15 gram protein, yang bisa kalian konsumsi sendiri atau dijadikan topping. Karena itulah greek yogurt full-fat bisa menjadi sumber makanan penambah lemak.

Baca Juga : Kelenturan : Pengertian, Manfaat Dan Cara Melatihnya

 

  1. Kentang

Kentang tidak hanya berfungsi menambah karbohidrat dan kalori untuk membantu menambah berat badan, kentang juga meningkatkan simpanan glikogen otot.

 

  1. Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh merupakan sumber karbohidrat dan makanan untuk menambah berat badan. Agar makanan ini menjadi lezat, tinggi kalori, dan bergizi, cukup kombinasikan roti gandum dengan telur atau daging dan keju.

 

  1. Susu

Susu berperan sebagai keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik untuk tubuh serta merupakan sumber kalsium yang baik. Minuman ini juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menunjang berat badan.

 

  1. Nasi

Saat kalian mengonsumsi 158 gram nasi putih, tubuh akan memperoleh 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sedikit lemak. Nasi juga membantu kalian makan lebih banyak dan hal ini sangat membantu bagi orang-orang yang nafsu makannya buruk atau mudah kenyang.

 

  1. Kacang dan Selai Kacang

Kacang dan selai kacang menjadi pilihan makanan penambah berat badan yang baik.Segenggam kacang almond mentah mengandung sekitar 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat,dan 15 gram lemak sehat.

 

  1. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan penambah berat badan yang baik karena membantu kita membangun otot. Daging merah memiliki kandungan sekitar 456 kalori dan hampir 49 gram protein.

 

Baca Juga : Doa Untuk Leluhur, Awali Peringatan Satu Abad PSHT

 

  1. Pasta

Pasta menjadi sumber karbohidrat padat nutrisi lainnya yang baik sebagai pilihan makanan penambah berat badan. Dua cangkir spaghetti matang mengandung hampir 400 kalori.

 

  1. Salmon dan Ikan Berlemak

Salmon dan ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan dan membantu melawan penyakit. Porsi 170 gram fillet salmon mengandung sekitar 250 kalori dan 12 gram lemak sehat.

 

Karena kandungan itulah salmon dan ikan berlemak mampu menambah berat badan dengan sehat.

 

  1. Buah Kering

Buah kering memiliki tinggi gula alami. Kandungan ini baik untuk seseorang yang sedang mencari makanan penambah berat badan.

 

  1. Alpukat

Satu buah alpukat ukuran besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14 gram serat. Gizi tersebut dapat menunjang peningkatan berat badan.

 

  1. Snack Protein Bar

Protein bar bisa memberikan manfaat lebih yaitu sebagai makanan penambah berat badan. Protein sangat penting bagi tubuh kita, terutama untuk membangun otot.

 

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya, termasuk dapat dijadikan makanan penambah berat badan.

 

Porsi 100 gram cokelat hitam batang dengan 60-75 persen kakao mengandung sekitar 600 kalori dan mengandung mikronutrien serta komponen menyehatkan seperti serat, magnesium, dan antioksidan.

 

Demikian informasi tentang makanan berkalori tinggi penambah berat badan yang baik, semoga dapat bermanfaat.