Kronologi Penyerangan PSHT Cabang Sidoarjo

Kronologi Penyerangan PSHT Cabang Sidoarjo

Ilmusetiahati.com – Kronologi Penyerangan Latihan PSHT Cabang Sidoarjo pada Jumat 06 November 2020 PSHT Rayon Bligo melakukan agenda latihan rutin dengan siswa sebanyak 14 orang dan 1 orang pelatih tetap, semua siswa adalah penduduk RT 09 di Desa Bligo, Kec. Candi Kabupaten Sidoarjo.

Latihan dimulai pukul 21.00 dan berlangsung kondusif, kemudian sekitar pukul 21.30 ada kurang lebih 100 orang gerombolan masa dari Perguruan Silat PPSHTPM mendatangi tempat latihan dengan tidak sopan dan tidak beretika.

Masa tersebut datang dengan bahasa kasar seperti “AYO SAMBUNG”, “ADA GAK LATIHAN DISINI” dan meminta Legalitas PSHT. Akhirnya pelatih pulang untuk mengambil surat-surat yang diminta dari gerombolan PPSHTPM, disaat pelatih pulang kerumahnya untuk mengambil surat-surat perizinan Latihan, siswa dipersekusi, ditendangi, dicekik dan dirampas sakralnya (baju latihan) serta merampok dan menjarah Warung Kopi milik warga sekitar, sehingga mengakibatkan orang kampung keluar semua.

Pukul 22.30 Rombongan dari Polsek Candi datang beserta KASAT INTEL POLRESTA SIDOARJO serta KORLAP PSHT Cabang Sidoarjo dan geromnolan PPSHTPM mulai berhamburan melarikan diri, pengurus PSHT  meminta keadilan dan mediasi antara Kasat Intel Polresta dan Kapolsek Candi namun tidak ada titik temu.

Demi kenyamanan warga desa Bligo akhirnya saudara saudara PSHT diarahkan untuk lanjut mediasi di Kantor Polsek Candi, di Kantor Polsek Candi sudah ada Pasukan Sabara Polresta dan hadir jugda Kapolresta Sidoarjo untuk melakukan mediasi antara PSHT dan PPSHTPM.

Namun hingga pukul 22.30 pihak PPSHTPM tidak kunjung hadir padahal Kapolresta sendiri yang menelfon langsung Mursito Ketua PPSHTPM Cabang Sidoarjo.

Mediasi berlanjut panjang dan pihak PSHT meminta pertanggungjawaban ke Kapolresta sebagai pemangku hukum di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Kapolresta akan mendatangi langsung rumah Mursito Ketua Cabang PPSHTPM Sidoarjo pada hari ini Sabtu 07/11/2020.dan kemudian Kapolresta akan memanggil kedua pihak untuk membuat kesepakatan bersama lagi pada hari Senin tgl 09/11/2020 di Kantor Polresta Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo beserta jajaranya menemui Masa PSHT dan pada intinya untuk menyelesaikan permasalahan kedua belah pihak dan masa PSHT meminta jaminan keamanan tempat latihan di Seluruh
Wilayah Sidoarjo.

Setelah ada kesepakatan jaminan penyelesaian masalah di Rayon Bligo Ranting Candi dari Kapolres dan jajaranya, masa PSHT membubarkan diri dengan tertib.

Semoga Gerombolan Kurang Sajen Penyerang Latihan PSHT segera ditemukan dan ditangkap agar kondusifitas latihan PSHT bisa kembali seperti sedia kala.