Berita Terkini

Mangku Alam II Ziarahi Pendiri Setia Hati

Mangku Alam II Ziarahi Pendiri Setia Hati

Ilmusetiahati.com – Dalam rangka Napak tilas perjalanan yang dulu pernah dilakukan oleh Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam VIII Al-Haj di Setia Hati Madiun, Secara khusus Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangku Alam II berziarah ke makam Ki Ngabehi Soerodiwirdjo pendiri aliran pencak silat Setia Hati, Selasa (7/6/2022).

Kegiatan Napak tilas kali ini dipimpin secara langsung oleh KGPAA Mangku Alam II dengan diikuti Sentono Praja Mangkualaman diantaranya Kangjeng Pangeran Panji Atmojo Purwokusumo, Kangjeng Raden Tumenggung Aryo Singo Nagoro, Raden Mas Herjuno, Kangjeng Raden Nganten Aniktrian Widyaning, Raden Tumenggung Trian Widyatmoko serta para prajurit Legiun Singoyudo.

Baca Juga : SEA Games Vietnam, PSHT Kirim Atlet dan Pelatih

Selain itu dalam kunjungan ke Madiun untuk berziarah ke makam pendiri aliran pencak silat Setia Hati tersebut rombongan KGPAA Mangku Alam II disambut serta diantar secara langsung oleh dua pengesuh atau sesepuh setia hati panti Bapak Ismadi dan Bapak Bambang serta diikuti pula beberapa anggota Setia Hati Panti Madiun.

Dalam kunjungan kali ini KGPAA Mangku Alam II menyampaikan untuk Napak tilas perjalanan yang dulu pernah dilakukan KGPAA Paku Alam VIII Al-Haj.

“Kedatangan kita kesini untuk berziarah dan Napak tilas perjalanan leluhur kami dimana eyang suro ini adalah saudara tua setia hati dari kakek kami Pakualam VIII,”ucapnya.

Baca Juga : Menang PK , PSHT Resmi Sesuai KEMENKUMHAM RI

Disisi lain keluarga besar Setia Hati Panti yang diwakili Basuki Wismo Wiyono Pengesuh Setia Hati Panti juga menyampaikan apresiasi yang mendalam atas kunjungan dan ziarah KGPAA Mangku Alam II ke makam pendiri pencak silat Setia Hati tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih dan selamat datang di Madiun untuk berziarah ke makam Ki Ngabehi Soerodiwirjo,”ungkapnya.

Kegiatan ziarah ke makam tokoh setia hati ini diawali dengan Do’a yang dipimpin oleh Kiyai Khamim salah seorang Ulama dari Kota Ponorogo yang juga anggota dari Setia Hati Panti dengan diikuti secara khidmat oleh para rombongan dari Praja Mangkualaman dan Para Sesepuh serta anggota Setia Hati Panti.

Selesai memanjatkan do’a yang dikhususkan untuk Ki Ngabehi Soerodiwirjo dilanjutkan dengan agenda tabur bunga dengan menggunakan bunga mawar dan melati tanpa diberi wewangian sebagai salah satu tradisi adat ketika tabur bunga atau ziarah di makam tokoh Setia Hati tersebut.

Mengawali tabur bunga di makam Ki Ngabehi Soerodiwirjo oleh pengesuh Setia Hati Panti Ismadi dan Basuki Wismo Wiyono dilanjutkan KGPAA Mangku Alam II, KPP Atmojo Purwokusumo, KRT Aryo Singo Nagoro beserta rombongan Sentono Praja Mangkualaman.

Dalam kunjungan ziarah kali ini KGPAA Mangku Alam II mengajak para rombongan yang ikut serta untuk bersama bisa meneladani sosok Ki Ngabehi Soerodiwirjo sebagai leluhur yang telah banyak memberi wawasan keilmuan terkhusus ajaran Setia Hati.

“Mari bersama kita belajar dan meneladani sosok beliau ini, dimana ajaran setia hati ini tidak hannya ilmu beladiri atau pencak silat semata tapi disini banyak ajaran luhur kerohanian yang bisa kita teladani,”tutup KGPAA Mangku Alam II.

Leave a Comment

Recent Posts

Walikota Madiun Hadiri Suran Setia Hati Panti ke 123

Walikota Madiun Hadiri Suran Setia Hati Panti ke 123Ilmusetiahati.com - Berlokasi di Panti Setia Hati…

16 menit ago

Doa Untuk Leluhur, Awali Peringatan Satu Abad PSHT

Doa Untuk Leluhur, Awali Peringatan Satu Abad PSHT Ilmusetiahati.com - Doa bersama kepada leluhur PSHT…

5 hari ago

Pengurus Provinsi PSHT Jawa Tengah Gelar Konsolidasi Organisasi

Pengurus Provinsi PSHT Jawa Tengah Gelar Konsolidasi Organisasi Ilmusetiahati.com - Semarang, 9 April 2022 Bertempat…

3 minggu ago

Final Hasil PK Badan Hukum , M Taufiq Ketua Umum PSHT

Final Hasil PK Badan Hukum , M Taufiq Ketua Umum PSHTIlmusetiahati.com - Ketua Umum Pengurus…

1 bulan ago

SEA Games Vietnam, PSHT Kirim Atlet dan Pelatih

SEA Games Vietnam, PSHT Kirim Atlet dan PelatihIlmusetiahati.com - Sebanyak tiga atlet dan enam pelatih yang…

3 bulan ago

Menang PK , PSHT Resmi Sesuai KEMENKUMHAM RI

Menang PK , PSHT Resmi Sesuai KEMENKUMHAM RIIlmusetiahati.com - Mahkamah Agung (MA) mengabulkan peninjauan kembali…

4 bulan ago