Arsip Tag: Senam Lantai

5 Alat yang Digunakan Dalam Senam Lantai

5 Alat yang Digunakan Dalam Senam Lantai

Ilmusetiahati.com – Alat – alat yang digunakan dalam senam lantai, Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang banyak digemari karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari senam lantai antara lain membakar lemak, menjaga keseimbangan, menyehatkan jantung, dan melatih fokus.

Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk membakar lemak. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan yang dilakukan dalam senam lantai akan membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, sehingga dapat meminimalisir terjadinya cedera.

Baca Juga : Cari Bibit Atlet, Kejuaraan PSHT Cup Kalimantan Timur 2023 Meriah

Olahraga senam lantai juga sangat baik untuk menyehatkan jantung. Gerakan yang dilakukan dalam senam lantai dapat membantu memperkuat jantung dan memperlancar aliran darah. Selain itu, senam lantai juga melatih fokus dan konsentrasi, sehingga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan memperbaiki kualitas hidup.

Dalam praktiknya, senam lantai bisa dilakukan dengan alat maupun tanpa alat.

Berikut adalah beberapa peralatan yang digunakan dalam senam lantai:

  1. Lantai
    Lantai adalah alat utama yang dibutuhkan dalam senam lantai. Ukuran standar dari lantai ini adalah 12 meter x 12 meter. Lantai yang baik untuk senam harus memiliki permukaan yang halus dan tidak licin untuk mencegah terjadinya cedera.

  2. Kuda-Kuda Pelana
    Kuda-kuda pelana adalah alat yang digunakan untuk melatih lompatan. Alat ini memiliki bentuk yang menyerupai dudukan yang berada di punggung kuda.

  3. Palang Tunggal
    Palang tunggal adalah alat lain yang dibutuhkan dalam senam lantai. Alat ini digunakan untuk membantu berbagai gerakan yang menantang. Ketinggian dari palang tunggal dapat disesuaikan sesuai dengan jenis gerakan yang dilakukan.

  4. Gelang-Gelang
    Gelang-gelang juga merupakan peralatan penting dalam senam lantai. Tinggi dari gelang-gelang ini adalah 2,8 meter – 3 meter dengan diameter 13 cm. Gelang-gelang akan dihubungkan dengan dua tali sehingga pesenam dapat bergantung pada alat ini. Jarak antar gelang adalah 50 cm.

    Baca Juga : Mengenal 11 Teknik Dasar Pencak Silat

  5. Matras
    Matras juga merupakan alat yang penting dalam senam lantai. Alat ini berfungsi sebagai alas untuk mencegah terjadinya cedera saat melakukan gerakan.

Dengan mengetahui peralatan penting yang digunakan dalam senam lantai dan cara penggunaannya, diharapkan dapat membantu Anda dalam melakukan senam lantai dengan lebih baik dan aman. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi alat dan menggunakan alat yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda.