Arsip Tag: cak nun

Peringatan 1 Abad PSHT , Sinau Seduluran Bareng Cak Nun

Sambut Satu Abad, PSHT Gelar Apel Akbar⁣

Ilmusetiahati.com – Cak  Nun dan Kiai Kanjeng kembali membersamai salah satu kekuatan sosial budaya di dalam masyarakat yaitu organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Bantul Yogyakarta.

Bertempat di Lapangan Trirenggo yang berada di depan Rumah Dinas Bupati Bantul, PSHT Cabang Bantul mengajak seluruh siswa dan anggotanya serta masyarakat Bantul pada umumnya untuk Sinau Bareng kepada Cak Nun dan KiaiKanjeng dengan tema Sinau Seduluran.

Baca Juga : Sambut Satu Abad, PSHT Gelar Apel Akbar

Sinau Bareng ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 1 Abad PSHT. PSHT lahir dan didirikan oleh Ki Hajar Hardjo Oetomo pada 1922 di Madiun. Dengan diliputi suasana paseduluran, Sinau Bareng semalam yang dipandu oleh Cak Nun berlangsung dengan alur sangat menarik.

Pada tahap awal hingga pertengahan, seluruh jamaah dan hadirin diajak mengenal konstruksi nilai, filosofi, dan karakter yang dibangun oleh PSHT bagi seluruh warganya yang dikenal dengan Panca Dasar PSHT.

Baca Juga : Kelenturan : Pengertian, Manfaat Dan Cara Melatihnya 

Selain Cak Nun sendiri memberikan pemaknaan atas Panca Dasar PSHT tersebut, pembelajaran untuk lebih mengenal PSHT dilakukan dengan metode workshop di mana tiga kelompok terdiri siswa atau warga PSHT diminta menguraikan responsnya atas pertanyaan penggalian yang diajukan Cak Nun kepada mereka, yaitu “Selama Anda berlatih dan menjadi anggota PSHT, apa yang berkembang pada diri Anda?”, “Sudah seberapa jauh perkembangan pada diri Anda tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat?”, dan “Sesudah Anda bisa pencak silat, puncak prestasi apa yang akan Anda raih?”